Kenapa HARUS Ngambil Jurusan Quantity Surveying

Hhm kemaren saya dapat 1 komentar dari seseorang yang nanyain Quantity Surveying itu apa.  Jujur sebenarnya saya bukan orang yang benar2 berkompeten untuk ngejelasin ini, tapi saya akan coba jawab dengan bahasa sederhana saja.

Quantity Surveying adalah satu profesi yang bergerak didunia konstruksi.  Orang yang melakukan pekerjaan ini disebut Quantity Surveyor.  Seorang Quantity Surveyor biasanya akan mengusai bidang ilmu ekonomi bangunan, hukum, manajemen, serta teknis bangunan. (saya kutip dari paper penelitian Bapak Wahyudi Putra Utama, BQS)

Prospek kerjanya?

Dari keahlian seorang QS yang kompleks seperti diatas, membuat profesi ini benar2 mendapatkan celah didunia konstruksi baik itu di konsultan QS sendiri, konsultan perencana, kontraktor, bahkan di Manajemen Konstruksi (Pengawas).  bahkan jika dikaji lebih dalam seorang QS bahkan mampu bekerja di bidang perbankan, misalnya saja untuk menilai agunan yang berupa fisik bangunan dari nasabah bank.

Mau bukti?

Beberapa lulusan QS di Univ. Bunghatta mulai dari lulusan pertamanya sampe sekarang udah bekerja dibeberapa perusahaan konstruksi lokal dan asing diJakarta, Riau, Sumbar.  beberapa malah diangkat menjadi staff pengajar, serta ada yang bekerja di Bank Swasta di Padang. Gimana?

Tapi sayangnya.. klo mau belajar dan jadi seorang QS, kamu baru bisa ngambil study ini di Univ. Bunghatta.  sampe saat ini sih masih satu2nya di Indonesia, Kurikulum program studi ini masih berkiblat ke Universiti Teknologi Malaysia, tetapi tetap dilakukan beberapa penyesuaian terhadap keadaan di Indonesia sendiri..

Apalagi ya?

Oya Staff Pengajar untuk program studi ini hampir semua merupakan lulusan dari University Teknologi Malaysia, serta ada yang dari University of Kentucky, keren kan?  setiap semester selalu diadakan perkuliahan bersama dengan pengajar2 dari UTM. disitu kita bisa tanya banyak banget tentang perkembangan QS di Malaysia.  Oya setiap mahasiswa juga bakalan diajak ke Malaysia untuk mengadakan kunjungan ke UTM dan firma2 binaan yang ada disana.

Hhhhmm.. Masih mau pilih jurusan lain??

PS: Next time saya bakal coba nampilin beberapa profile staf pengajar di QS BungHatta, tapi masih di draft, mungkin di postingan berikutnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s