Dua nama ‘1’ arti

Bunghatta adalah satu2 universitas di Indonesia yang ngebuka program studi ini. Tapi klo didunia orang manggil profesi ini dengan sebutan Quantity Surveying, justru di Bung Hatta sendiri menggunakan nama lain, jadi klo kamu search Quantity Surveying diprogram studi yang ada di Bunghatta gak bakal ketemu. Dikalangan awam masyarakat UBH sendiri lebih diperkenalkan dengan nama Teknik Ekonomi Konstruksi. Sebenarnya saya agak rada-rada kecewa dengan nama ini, karena dengan ‘transletan’ nama tersebut bukankah orang2 jadi gak mengenal profesi ini? Lebih2 praktisi2 yang gak sengaja baca program ini pasti gak bakal ngeh klo itu adalah QS.

Tapi pemberian nama tersebut bukannya gak beralasan, beberapa waktu lalu saya pernah mencoba menanyakan ke salah seorang dosen saya, kenapa tidak dibuat dengan nama Quantity Surveying saja, dan beliau mencoba menjelaskan pada saya, bahwa peraturan di Indonesia yaitu tidak memperkenankan menggunakan istilah asing untuk nama2 program studi.. makanya Pak Peli dkk nyoba nyari nama dalam bahasa indonesia..

Nah entah siapa yang mencetuskan yang jelas akhirnya di UBH dipakai nama Teknik Ekonomi Konstruksi untuk ‘mentransletkan’ nama dari profesi ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s